Pola Makan 6 Kali Agar Gula Darah Stabil

Makan enam kali sehari? Mungkin anda akan sedikit kaget dengan aturan makan untuk penderita diabetes. Namun ketahuilah bahwa makan 6 kali sehari memang terbukti dapat menjaga kestabilan gula darah penderita nantinya. Tentunya dengan porsi yang lebih kecil. Karenanya anjuran untuk makan lebih sering ini bisa anda pertimbangkan guna mencapai kestabilan gula darah. Apalagi mengingat kestabilan gula darah yang anda peroleh dengan mengkonsumsi obat untuk diabetes hanya mampu bertahan sementara sehingga diperlukan cara lain untuk semakin mendukung hasil pengobatan diabetes yang sedang anda jalani tersebut.

Lalu bagaimana dengan pengaturan gizinya? Sama halnya dengan ketika anda makan 3 kali sehari, jumlah gizi yang diperlukan juga harus tetap seimbang. Dalam hal ini, menu makan anda nantinya harus tetap mengandung jatah karbohidrat, protein, lemak, sayur dan buah. Komposisinya sebagai berikut: karbohidrat 60 sampai 70 persen, protein 10 sampai 15 persen, dan lemak 20 sampai 25 persen. Dengan komposisi tersebut, maka nantinya kalori yang diperoleh tubuh tidak akan berlebihan sehingga kadar gula darah akan tetap terjaga kestabilannya. Jika kestabilan gula darah dapat tercapai dengan baik, ini artinya anda telah berhasil mendukung pengobatan yang sedang anda jalani, baik dengan obat dokter maupun obat diabetes tradisional.

Hal penting lainnya yang juga perlu dipertimbangkan adalah mengenai asupan kolesterol. Agar kadar kolesterol dalam darah tetap stabil sehingga nantinya dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular, maka dianjurkan untuk membatasi konsumsi makanan yang mengandung kolesterol sampai 300 mg per hari. Sementara itu, untuk makanan berserat, porsinya paling tidak mencapai 25 sampai 30 gram per hari sehingga kebutuhan tubuh akan serat dapat terpenuhi dengan baik. Dalam hal ini, sangat disarankan untuk memperoleh asupan serat yang larut dalam air sehingga nantinya proses penyerapannya akan lebih mudah.

Dengan mengetahui takaran atau porsi makanan serat kandungan nutrisi yang harus diperoleh tubuh, maka anjuran untuk makan 6 kali sehari sudah tidak akan menjadi masalah yang berarti. Hal ini sekaligus menumbangkan mitos yang menyatakan bahwa makan lebih sering hanya akan membuat berat badan meningkat. Memang berat badan akan meningkat ketika kita makan lebih sering. Namun kembali lagi pada makanan yang dikonsumsi. Jika makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang tepat, maka bukannya tubuh menjadi mengalami kelebihan berat badan, namun justru berat badan akan semakin ideal.

//

Advertisements
%d bloggers like this: